Satreskrim Polres Probolinggo Ungkap Jual Beli Hewan dilindungi Via Medsos

Probolinggo – Satreskrim Polres Probolinggo mengamankan seorang warga yang diduga menjual 2 ekor burung yang dilindungi UU,  Burung jenis Nuri kepala hitam ( Lorius Lory ) ini dijual secara online melalui Sosmed Facebook, pada Sabtu siang (06/02/18)

Seseorang yang diamankan ini adalah Sundri (26th) warga Desa Jorongan Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Pelaku merupakan pemilik hewan dan menjualnya melalui Sosmed Facebook dengan Akun Facebook atas nama “Anjar Madura” dan dipublikasikan di Komunitas Facebook (KOMUNITAS LOVE BIRD KRAKSAAN (KLBK) dan di Jual Beli Sepeda Motor Probolinggo (Postingan sudah terhapus).

Penangkapan Pelaku setelah Unit Opsnal Satreskrim Polres Probolinggo mendapat laporan dari netizen terkait transaksi jual beli hewan yang dilindungi, yang selanjutnya dilaksanakan penyelidikan.

Benar saja, di rumah Sundri, Polisi mendapatkan 2 ekor burung yang dilindungi UU,  Burung jenis Nuri kepala hitam ( Lorius Lory ) berserta Kandangnya, dan turut diamankan 1 HP dengan akun yang FB atas nama “Anjar Madura” yang melaksanakan Postingan Jual beli tersebut.

“Kami dapat laporan dari netizen, dan benar kita dapati 2 ekor burung yang dilindungi UU,  Burung jenis Nuri kepala hitam, diperjualbelikan lewat online sosmed,” kata Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto SH, kepada Tribratanewspolresprobolinggo.

Menurut penyelidikan awal dan pengakuan Sundri kepada petugas, hewan yang dilindungi UU ini berasal dari luar Pulau Jawa dan sengaja dijual di daerah Jawa dan sekitarnya. Harga per ekor dibanderol Rp 200 Ribu.

“Kita masih dalami lagi cara berjualan mereka secara online bagaimana dan didapat darimana serta dijual kemana hewan-hewan ini. Yang jelas mereka sementara kami amankan dengan dugaan melanggar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat 2 Jo Pasal 21 ayat 2 huruf a UU No. 05 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan pidana penjara selama 5 tahun,” imbuh Riyanto.

 (humasresprob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *