Kapolres Probolinggo Gowes Bareng Ratusan Pesepeda Tua

Polres Probolinggo – Touring sepeda onthel dari Anyer hingga Sanur, Bali dengan jarak 1500 kilometer, yang singgah di Probolinggo melanjutkan perjalanannya pada Jumat (6/4) pagi tadi. Mereka merupakan peserta even reli sepeda tua dan ontel internasional menjelang kongres International Veteran Cycle Association (IVCA) di Bali.

Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah. Pantai Sanur, Bali menjadi tempat titik kumpul para pecinta sepeda tua. Mereka berangkat dari Pantai Anyer, Banten sejak 24 Maret 2018 lalu. Rombongan ini ditargetkan finish di Bali pada 12 April mendatang untuk menghadiri Konferensi IVCA ke-38, yang juga dihadiri oleh 50 negara anggota dari seluruh dunia.

Para peserta kirab yang mampir di Probolinggo disambut hangat oleh Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad bersama Pj. Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, Danramil Pajarakan dan para onthelis Kabupaten Probolinggo di Ponpes Zainul Hasan Genggong, Pajarakan.

Menurut pengasuh Ponpes Zainul Hasan yang juga sebagai Penasehat Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Jawa Timur yang juga, Mohamad Haris Damanhuri mengatakan bahwa para pecinta sepeda kuno itu sudah memasuki Probolinggo hari sebelumnya dan bermalam di pesantren. “Selain doa bersama, kami juga mengenalkan kultur dan Jawa Timur, khususnya Probolinggo.” kata pria yang akrab dipanggil Gus Haris ini.

Saat pelepasan, Kapolres bersama rombongan pun turut andil bersepeda dan mengantarkan peserta kirab hingga ke perbatasan Probolinggo, Paiton.

Sepeda boleh tua, tapi semangatnya anak muda,” ungkap Kapolres yang memang punya hobi gowes.

Dengan dilaksanakan kirab IVCA ini, salah satu tujuannya mengajak masyarakat untuk membudayakan bersepeda, khususnya sepeda onthel. Karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sepeda tua.

Dalam Event IVCA di Bali nanti, akan digelar berbagai event. Seperti Pameran Sepedanesia di Hotel Inna Grand Bali Beach pada 12-16 April 2018, Anniversary 10 Tahun KOSTI di Matahari Terbit, Sanur pada 14 April 2018. Selain itu, ada Festival Kampung Jadul di Pantai Matahari Terbit pada 14-15 April 2018 dan pemecahan rekor Guinnes Book of Record di Lapangan Renon pada 15 April 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *